Basic Life Skill

lifeskills-education-is-needed-for-adolescencts-19-638

Setiap keluarga homeschooling memiliki pedoman dan prinsip yang berbeda-beda perihal metode pembelajaran anak-anaknya. Bagi keluarga kami satu hal yang utama yang ingin kami ajarkan pertama kali sebelum baca tulis dan berhitung adalah “basic survival skill”. Selain untuk mengajarkan kemandirian pada anak sedari kecil juga untuk memudahkan pelaksanaan homeschool bagi kami sekeluarga nantinya, karena terus terang menjadi orang tua homeschooling tanpa bantuan pembantu maupun campur tangan kakek nenek-nya anak-anak bukanlah hal yang mudah dan ringan. Tetapi jika anak-anak sudah bisa mandiri sedari kecil akan sangat mengurangi kerepotan kami. Selain itu basic survival skill juga dapat melatih kepercayaan diri si anak, karena mereka terbiasa mengerjakan segalanya sendiri. Dan yang paling utama, basic survival skill juga merupakan bekal hidup mereka di masa datang, kalau bukan kita orang tuanya yang mengajarkan, bagaimana kita bisa yakin apakah bekal yang mereka dapatkan baik atau tidak baik.

Basic survival skill yang berusaha kami tanamkan pada anak-anak antara lain:

1. Perawatan pribadi : mandi, sikat gigi, cuci tangan, cuci kaki, bereskan mainan. Semuanya diajarkan untuk melatih mereka melakukannya tanpa kami ingatkan lagi, walaupun sampai sekarang masih tetap harus kami ingatkan setiap saat.

2. Perawatan rumah tangga : mencuci piring, memilah laundry (sedang dalam proses mencuci baju sendiri), menjemur baju, menyapu, mengepel, membersihkan rumah, menyiapkan masakan/makanan. Saat ini Max masih senang memperhatikan detail kegiatan-kegiatan tersebut dan mengikuti, walaupun belum menjadi hal yang rutin dia lakukan. Semua butuh proses pembelajaran.

3. Etika Bersosialisasi : etika didalam rumah, menyapa&berbicara dengan orang seumuran/lebih tua, etika diluar rumah/bertamu

4. Emergency Skill : Berenang, berlari, olahraga bela diri, pengetahuan CPR, pengetahuan kontak darurat. Yang ini semua masih pe-er buat kami untuk mengajarkan kepada anak-anak.

Pada intinya kami berharap Max dapat menunjukkan nilai-nilai yang lebih dari sekedar nilai di atas kertas saja. Karena bekal nilai-nilai inilah yang akan lebih banyak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari nantinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s